Jumat, 15 Juni 2012

JANGAN ! Asal Buang Limbah Baterai

Hayy hayy guys ! Kalian pernah perhatikan gak ada berapa banyak barang di sekitar kita yang menggunakan baterai?? Mulai dari mainan, jam tangan, jam dinding, remote TV, android, gadget, HP, dan laaiin sebagainya. Nah, apa yang akan kita lakukan jika baterai tersebut sudah tidak bisa dipakai lagi?? yaa pastinya dibuang ke tempat sampah kan??
Waahh, padahal itu sangat berbahaya loh guys! Kenapa? Sebab baterai termasuk sampah jenis B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), karena di dalamnya mengandung merkuri, mangan, timbal, kadmium, nikel, dan lithium yang sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan kita.
So, jadi gimana dong solusinya? Uhm, tenang!! Sebaiknya baterai yang sudah jadi sampah dikumpulkan, lalu berikan ke tempat pengumpulan batera. Oleh mereka, sampah tersebut akan diserahkan kepada pihak penyedia jasa pengelolaan sampah B3 yang sudah memenuhi standar manajemen limbah, yaitu WMI-Waste Management Indonesia.
Nahh, sebagian besar komponen baterai akan di daur ulang, sedangkan komponen seperti kadmium dan mangan akan dinetralisir dan kemudian dikubur dengan mekanisme yang sudah memenuhi standar managemen limbah supaya tidak mencemari air tanah. So,, kalau kalian punya sampah baterai, jangan langsun dibuang ke tempat sampah yaa!!^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar