Kamis, 14 Juni 2012

Dunia Fashion

Hayy hayy guys,, kalian semua mau tau gak gimana perkembangan fashion dari masa ke masa???
Come On, check this out!!
20an = SERBA PRAKTIS  
(1920-1929)
The Roaring Twenties, setelah Perang Dunia I, menandakan situasi dunia banyak terjadi perubahan. Cewek lebih mandiri dan pede karena sudah bisa bekerja di luar rumah. Maklum, selama ditinggal cowok yang berperang, sehingga terbiasa bekerja sendiri untuk mencari uang.
FLAPPER STYLE
Flap (flapper=penari) muncul sebagai tarian yang banyak mengisi pangguang-panggung hiburan pada saat itu. Ciri khas: gaun longgar berpotongan leher rendah (decolletgae) dan memperlihatkan paha.
LITTLE BLACK DRESS
Diperkenalkan oleh Coco Chanel, gaun hitam bersiluet longgar ini jadi anadalan cewek di pesta-pesta malam hari.
ANDROGINI
Cewek sudah gak malu lagi memakai busan cowok, kemeja longgar dan celana berpotongan longgar, lengkap dengan sepatu pantofel.
ROK LONGGAR
Pemakaian rok dalam membuat rok model longgar populer. Walaupun pakaian cewek masih seronok pada masa itu, rok loggar tetap digunakan karena praktis.
MARY JANE and ANKLE STRAP
Sepatu model mary jane jadi pilihan pada saat itu, paling cocok dipadukan dengan gaun longgar sepaha.
RAMBUT BOB
Dengan rambut pendek, cewek makin praktis beraktifitas. Karena itu, model; rambut Bob paling diminati, yaitu bergelombang atau lurus, serta poni rata tepat di garis alis.
MAKEUP BERANI
Bibir berbentuk hati dengan warna merah cerah adalah simbol kebebasan saat itu, dan gak ketinggalan alis tipis dan melengkung.


GAYA KRISIS di 30an
(1930-1945)
Perang Dunia II di depan mata!! Krisis akibat perang menyebabkan gak kurang dari 30 juta penduduk di Eropa menganggur! Cewek yang semula bekerja menggantikan peran cowok kembali mengurus anak dan dapur di rumah.
DEWI YUNANI
Gaun-gaun malam cantik banyak bermunculan, terinspirasi gaun dewi-dewi Yunani dengan berpotongan ramping di pinggang, permainan layer, draperi, dan lengan kelelawar.
WAJIB: ROK and BLUS
Rok dan blus adalah pakaian wajib cewek sehari-hari. Di dekade ini, batas rok menurun hingga lutut. Satung tangan, jaket, atau bolero juga wajib dipakai setiap jalan-jalan.
FASHIONABLE FROCKS
Baju terusan adalah pilihan yang gak hanya fungsional, tapi juga gaya, dengan pundak melebar (tambahan padding).
SERANGAN KERITING
Gaya rambut gelombang atau keriting sebahu langsung melejit begitu ditemukan teknologi pengeritingan dengan rol panas. Paling khas adalah poni panjang bergelombang, klimis di bagian samping.
MAKEUP MINIMALIS
Cewek-cewek dekade ini lbih memilih riasan wajah minimalis dengan warna pastel.

40an and 50an: MASA DEPAN CERAH
(1945-1959)
Hore, akhirnya perang berakhir!! Dunia kembali melanjutkan kehidupan, gak terkecuali dunia mode. Pada dekade ini muncul istilah new look, yaitu gaya terbaru pascaperang yang benar-benar fresh. Dunia mode sangat berkembang, fashion untuk cewek lebih praktis, dan Prancis jadi pusat perkembangnnya.
THE NEW LOOK
Cewek harus simpel dan praktis, dengan siluet ramping one or two pieces dengan rok (full atau ketat), pinggul ramping, bahu tegas, dan lengan dua per tiga.
TUNIK GAYA
Christobal Balenciaga Esagri mempopulerkan tunik hasil perkembangan dari frocks, gaun ringan dengan pinggul ramping, lengan pendek, dan rok selutut.
SERBA SEPADAN
Tas, sepatu, sarung tangan, hingga tas harus matching. Selain sepatu hak siletto, pada dekade ini sepatu model peep toe digemari.
ROCK 'N ROLL
Berbagai bentuk pemberontakan berkembang, dengan pemakaian celana jeans, jaket kulit, atasan bahan kaus hitam, polo shirt, turtle neck, hingga lengan baju digulung.
AKSESORI WAJIB
Padad akhir 50an aksesori berubah lebih simpel dan chic. Wajib banget punya scarf (sebagai hiasan leher atau penutup kepala), kacamata kucing, belt tipis, dan... motif polkadot.

REVOLUSI 60an 
(1960-1969)
Yang muda, yang bergaya. Dunia mode tersihir semangat kaum muda yang memimpikan kebebasan bergaya sekaligus fashion terjangkau. Dengan muncul produk-produk massal, gak heran kalau gaya setiap anak muda memiliki gaya serupa, yaitu gaya British mod (modernist) hingga early hippie.
ROK MINI MAKSIMAL
Terima kasih pada Mary Quant dari Inggris untuk rok mini. Polos atau bermotif retro: wajib!!
BERMAIN TRAPESIUM
Gaun model trapesium ciptaan Yves Saint Laurent di tahun 40an mengalami pembaharuan, lebih loggar, tanpa potongan pinggul, rok melebar dan berujung pendek, serta pundak lebih pendek.
PETUALANGAN LUAR ANGKASA
Modernisasi dan penjelajahan luar angkasa membuat pemakaian warna metalik meningkat, gak ketinggalan material polyester, PVC, serta vinyl jadi bahan celana dan stocking.
PELAJARAN GEOMETRI
Cewek-cewek berlomba mendapatkan potongan rambut geometris pendek yang diperkenalkan Vidal Sassoon.
IT'S ALL ABOUT EYES
Mata dengan eyeliner tebal, bulu mata pekat, serta perona mata bergaya smokey jadi rias wajah wajib, gak ketinggalan sunglasses dengan frame super besar ala Jackie O.


BERBUNGA-BUNGA di 70an
(1970-1979)
Dekade ini penuh kebebasan, mulai urusan politik hingga fashion. Muncul istilah flower power, make love not war, dan anti kemapaman, kaum muda sudah sangat bosan dengan peperangan, intrik politik, dan atur-aturan pemerintah yang memberatkan. Mereka melawan arus dengan pemikiran bebas (hippie), termasuk gaya hidup dan gaya berpakaian.
WAJIB: KEMEJA+CELANA
Kaum hippie seakan punya seragam wajib: kemeja gepas badan bermotif bunga dan celana bell-bottomed berpotongan high-waisted.
ETNIK UNIK
Kaum hippie juga memakai gaun renda, rajut, detail patch work, serta aksesoris dari kulit dan biji-bijian. Kain-kain tradisional Asia jadi bahan andalan pada dekade ini.
CANTIKNYA SHIRTDRESS
Dengan alasan praktis namun tetap cantik, shirt-dress populer dengan beragam corak. Shirtdress biasa dipadukan dengan belt pada bagian pinggul atas.
PANTSUITS ATTACK
Masih ingatkah Charlie's Angels? Serial TV ini ikut mempopulerkan baju terusan celana.
CERITA PLATFORM
Sepatu berhak dan bertumit tebal bukan halangan buat cewek-cewek bergaya, bahkan saat naik sepeda!!


80an : GAYA=SUKSES
(1980-1989)
Kemajuan perekonomian, teknologi, dan kestabilan kehidupan membuat masyarakat bebas mengekspresikan gayanya. Dekade ini terkenal dengan sejuta gaya dan warna, budaya pop sangat berpengaruh. Pada dekade ini pula peran cewek setara dengan cowok.
SETELAN KARIR
Ini dia gaya cewek-cewek karier saat itu, setelan jas / blazer dengan celana atau rok.
DITERANGKAN NEON
Gak hanya busana yang bertaburan warna neon, warna-warni juga diaplikasikan pasa makeup, seru!!
BERANGKAT DARI AEROBIK
Ideal: cewek bertubuh kurus, gak heran kalau aerobik jadi olahraga favorit. Makanya legging warna metalik atau ngejreng, leg warner, head band, rok tile, hingga wrist band sering digunakan walau sedang gak berolahraga sekalipun.
NEOPUNK ERA
Apa saja bisa jadi busana atau aksesori . Dari stocking jala, kadang sengaja disobek, bahan lateks, rok balon, hingga spike, semuanya sah-sah saja dipakai saat santai , formal, maupun pesta!!

90an: SERBA TECHNO
(1990-1999) 
Pesatnya kemajuan teknologi membuat bahan dan bentuk pakaian kian variatif. Yang khas pada dekade ini adalah gaya uniseks, yaitu bisa untuk cewek sekaligus cowok.
GO GRUNGE
Siapa yang gak tahu Nirvana?? Kaus oblong, celana jeans belel, kemeja flanel, serta sepatu bermerek Converse adalah seragam generasi grunge, yang dipopulerkan oleh Marc Jacobs.
PEMBAHARUAN 70AN
Sedikit mengulang gaya 70an nih: sepatu berujung kotak, hak kotak tebal, celana lebar super panjang, kemeja berlengan lonceng, rok foral, boots tebal, juga overall.
TECHNO CALLS
Kemajuan teknologi banyak menghasilkan bahan-bahan kain baru seperti bahan-bahan transparan, kilauan metalik, dan bahan-bahan stretch.
UNISEKS
Pada dekade ini, muncul celana cargo dan hipster yang multifungsi dan bisa digunakan cewek sekaligus cowok.^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar